Perbedaan Easter dan Paskah (Passover)



Sebelum saya mulai, saya akan saya akan membedakan antara Paskah dan Easter.
Penting diingat bahwa paskah dan easter mempunyai pengertian yg berbeda.


Paskah yg kita rayakan


Latar belakang perayaan paskah
Mari kita lihat di keluaran 12:13-18


Paskah awalnnya adalah perayaan dimana Tuhan meluputkan bangsa dari malapetaka maut dimana semua anak pertama bangsa mesir dicabut nyawanya oleh malaikat Tuhan. Dalam Alkitab bahasa inggris di ayat keluaran 12:13 ditulis “and the blood shall be to you for a token upon the houses where you are and when I see the blood. I willpass over you, and the plague shall not be upon you to destroy you, when I smite the land of Egypt”. Dari kata ‘pass over’ maka paskah dalam bahasa inggris diterjemahkan menjadi PASSOVER sedangkan dalam bahasa yunani ditulis “Pascha”.




Kapan paskah diadakan?
Paskah di tetapkan oleh Tuhan pada bulan Abib (atau bulan april) pada tanggal ke empatbelas (keluaran 12:18). Mari lihat di Ulangan 16:1-3 dan 6-7 tentang tata cara perayaan Paskah.


Perayaan Paskah dimulai pada bulan pertama, yaitu bulan Abib, tanggal 14 dimana bangsa Israel mulai memotonghewan kurban persembahan pada waktu senja. Kemudian tanggal 15 bulan Abib, bangsa Israel akan memasak hewan kurban dan memakannya bersama. Perlu diperhatikan bahwa perhitungan pergantian hari yg kita kenal sekarang dimulai setelah jam 12 malam, sedangkan perhitungan pergantian hari bagi bangsa Israel diumulai setelah matahari terbenam. Jadi, ketika bangsa Israel mulai memotong hewan kurban kira-kira jam 6 sore ketika matahari terbenam maka saat itu masih tanggal 14 dan ketika mulai gelap berarti sudah masuk tanggal 15. Saat makan daging hewan kurban itulah hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi.


Mari kita lihat apa yang dilakukan oleh Yesus Kristus pada malam sebelum Ia disalib. Di Lukas 22 ditulis bahwa Yesus memerintahkan kedua murid-Nya untuk mempersiapkan perjamuan Paskah. (Dalam Imamat 23:5-7)


Kembali ke Lukas 22, pada tanggal 14 bulan Abib, Yesus memerintahkan murid-Nya untuk mempersiapkan tempat untuk mengadakan perjamuan Paskah. Perjamuan ini disebut ‘Pertemuan Kudus’ dalam Imamat 23:7 (dan hingga sekarang disebut Perjamuan Kudus atau Holly Communion). Saat malam, tanggal 15 bulan Abib yaitu hari pertama perayaan Roti Tidak Beragi.


Paskah terus dirayakan oleh bangsa Israel hingga sekarang. Namun makna perayaan Paskah terbagi menjadi dua ketika mulai lahirnya ke-Kristenan. Para pengikut Kristus meryakan Paskah ubntuk memperingati hari kebangkjita Yesus Kristus mengalahkan kematian. Perlu diingat bahwa orang yahudi tidak mengakuio Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat oleh sebab itu orang yahudi merayakan Paskah sebagai peringatan akan perlindungan Tuhan yang meluputkan bangsa Israel dari bahaya kematian di Mesir dan hingga sekarang orafng Yahudi masih menantikan Mesias yang dijanjikan di Perjanjian Lama.






Easter yang seharusnya tidak kita rayakan


Kata Easter berasal dari kata “Ishtar” dimana Ishtar adalah perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus. Siapakah Tamus? Kisah kembali ribuan tahun lalu kejaman Nabi Nuh dan keluarganya selamat dari banjir besar. Nuh punya 3 orang anak dan salah satu anaknya bernama Ham. Ham memiliki seorang anak bernama Cush dan menikah dengan seorang wanita bernama Semiramis. Cush dan Semiramis memiliki seorang putra bernama Nimrod (Kejadian 10:8-10). Nimrod dalah pencipta sistem Babilonia dimana ia menciptakan tatanan pemerintahan dan hokum dasar perdagangan ekonomi Melalui sistem Babilonia inilah Nimrod mendirikan kerajaan pertama di bumi, mendirikan kota-kota megah dan mencetuska ide menara Babel. Nimrod adalah orang pertama yang memperkenalkan penyembahan kepada setan (satanic worship). Nimrod begitu bejat sampai ia bersetubuh dengan ibu kandungnya sendiri yaitu Semiramis.. Sang ibu kemudian hsmil dan melahitjan anak bernama Tamus.


Ketika Nimrod meniggal, Semiramis ingin nama Nimrod menjadi abadi dan dipuja orang. Semiramis mendoktrinasi pengikutnya bahwa Nimrod telah naik ke tahtanya di matahri dan harus dipuja sebagai Baal, yaitu sang dewa matahari.Semiramis sendiri menyatakan bahwa ia datang di Bumi melalui peristiwa dimana ia turun dari bulan dengan mengendarai ‘telur besar’ dan mendarat di sungai Efrata (sekarang Negara irak). Peristiwa kedatangan Semiramis ditandai dengan telur yg di hias dan dinamai dengan Ishtar eggs atau telur Easter. Kenapa dipilih telur?karena telur dilambangkan sabagai kekanjutan dari hidup. Kemudian tradisi dijaman itu berkembang dimana orang-orang saling member telur yg telah dihias sebagai sombol untuk ‘memberkati’ orang lain dengan hidup baru. Telur dicat warna-warmi dengan warna cerah pada awalnya dengan warna terang untuk menggantikan symbol sinar matahari diwaktu musim semi. Telur juga melambangkan kesuburan, karena ada pepatah Romawi yg mengatakan, semua kehidupan awalnya dari telur. Bagaiman dengan kelinci? Bagi Semiramis, kelinci adalah binatang keramat dan kelinci dipakai sebagai hewan kurban disetiap perayaan Easter.
Sama seperti anaknya (atau suaminya’) Nimrod yg dipuja sebagai dewa matahari, Semiramis juga dipuja sebagai dewa bulan. Tidak cukup sampai disitu, Ketika Tamus tewas saat ia sedang berburuh (sama seperti ayahnya Nimrod, Tamus adalah seorang pemburu ulung) Semiramis menyatakan bahwa Tamus memiliki kedudukan yang sama seperti Nimrod dan harus disembah. Semiramis kemudian member gelar baru pada dirinya sendiri, yaitu Queen of Heaven atau Ratu Surga (Yeremia 7:18 dan Yeremia 44:17-25).


Praktek penyembahan Tamus tertulis dalam Yehezkiel 8:14-16.
Ayat Alkitab ini menceritakan bagaimana Bait Allah di Jerusalem telah dirusak dan dinajiskan dengan praktek penyembahan dewa Tamus. Tembok-tembok Bait Allah telah bolong dan penuh dengan graffiti atau gambar-gambar berbagai macam mahkluk dan binatang. Hal ini merupakan satu kekejian di hadapan Tuhan.




Kapan Paskah atau Easter dirayakan?
Perayaan Paskah dan Easter(Ishtar) adalah perayaan yang berbeda dan sama sekali tidak berhubungan. Perayaan Easter dirayakan setiap minggu pertama setelah pergantian dari musim dingin ke musim semi atau dikenal dengan perayaan Equinox. Perlu diketahui bahwa musim semi bisa maju atau mundur sehingga otomatis perayaan Easter pun bisa maju atau mundur berkisar di tanggal 22 marert hingga 25 april. Sedangkan perayaan Paskah diadakan dibulan april tanggal 14. Oleh sebab itu tidak heran bila kadang-kadang Paskah dan Easter bisa jatuh pada hari atau minggu yang sama.


Apakah Raja Herodes merayakan Paskah atau Easter di Kisah Para Rasul 12:3-47?
Dalam Kis12:1-4 ditulis (1) Kira-kira pada waktu itu Raja Herodes mulai berindak dengan keras terhadap beberapa orang dan jemaat.(2) Ia menyuruh membunuh Yakobus,saudara Yohanes,dengan pedang.(3)Ketika ia melihat, bahwa hal itu menyenangkan hati orang Yahudi,ia melanjutkan perbuatannya itu dan menyuruh menahan Petrus,waktu itu perayaan roti Tidak Beragi. (4) Setelah Petrus ditangkap, Herodes menyuruh memenjarakannya dibawah penjagaan empat regu, masing-masing terdiri dari empat prajurit. Maksudnya ialah,supaya sehabis Paskah ia menghadapkannya ke depan orang banyak.


Ingat bahwa Raja Herodes bukanlah orang Kristen dan ia sangat membenci orang Kristen. Ketika Raja Herodes membunuh Yakobus dan ingin membunuh Petrus kebetulan saat itu sedang dalam masa perayaan Roti Tidak Beragi. Raja Herodes kemudian memenjarakan Petrus karena ia ingin merayakan Easter (bukan Paskah). Hal ini membingungkan karena Alkitab bahasa Indonesia menggunakan satu kata untuk dua perayaan yang berbeda maksud dan tujuan.


Apabila kita lihat ayat Kis 12:4 dalam Alkitab bahasa inggris versi King James (King James version) maka akan terlihat perbedaannya.
Pada Alkitab bahasa inggris, kata “Paskah” diterjemahkan sebagai “Passover” bukan “Easter”.
Sebagai contoh bisa dilihat di salah satu ayat Matius 26:17-19


Dari situ bisa terlihat perbedaan penggunaan kata Passover dengan Easter dalam Alkitab bahasa inggris. Kita kembali pada kisah Petrus, ketika Petrus ditahan saat itu sedang perayaan Roti Tidak Beragi. Seperti yg telah dijelaskan diatas, perayaan Roti Tidak Beragi dirayakan setelah Paskah sedangkan Raja Herodes ingin merayakan Easter yg saat itu akan dirayakan beberapa hari kemudian. Jadi jelaslah bahwa Raja Herodes merayakan Easter yg menyrmbah dewa Tamus dan Raja Herodes tidak pernah merayakan Paskah peringatan kebangkitan Yesus dari kematian.




Kesimpulan
1. Paskah atau Passover yg kita rayakan adalah perayaan kebangkitan Yesus Kristus mengalahkan kematian. Awal dari perayaan Paskah adalah perayaan dimana Tuhan meluputkan bangsa Israel dari malapetaka maut dimana semua anak pertama bangsa Mesir dibunuh oleh Malaikat Tuhan.


2. Perayaan Easter atau Ishtar adalah perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus yg ditandai dengan perayaan menghias telur dan symbol kelinci.


3. Tradis menghias telur Easter dalah ritual okultisme yg merupakan kekejian bagi Tuhan


4. Marilah kita menyembah Tuhan bukan berdasarkan tradisi yg ada tetapi berdasarkan perintah dari Tuhan

www.ceaster.com Ceaster Corp