Nokia dibeli Microsoft $7,5 Miliar




Kabar mengejutkan datang dari Nokia. Perusahaan Produsen Telepon Genggam Terbesar di Dunia.Kabarnya yaitu Nokia resmi dibeli Microsoft seharga 7,5 Miliar Dollar Amerika Serikat (AS) pada hari Jum'at 25 April 2014. Proses pengakuisisi pertama kali terdengar pada bulan september 2014 dan akan dilaksanakan awal tahun 2014 namun tertunda dikarenakan masalah regulasi.




Diakuisisi Nokia Menghentikan Proses Produksinya, Seluruh pegawainya dialihkan menjadi Pegawai Microsoft. Nokia mempunyai Sekitar 25.000 Pegawai di Dunia.

"Hari ini kami menyambut bisnis perangkat keras dan layanan Nokia ke Keluarga kami. Kemampuan mobile dan aset yang mereka bawa akan melanjutkan transformasi kami," ujar CEO Microsoft Satya Nadella yang dikutip oleh BBC.


Microsoft berniat untuk mengganti nama 2 unit bisnis Nokia menjadi Microsoft Mobile Oy."Oy" merupakan kata dalam bahasa Finlandia (Osakeyhtiö) yang merujuk pada sebuah perusahaan yang sahamnya tidak dimiliki publik, seperti "Ltd" alias "Limited" dalam Bahasa Inggris.
 Nokia sudah mendominasi pasar dunia lebih dari 10 Tahun. 

Microsoft sendiri menyambut gembira hal ini. 

"Hari ini kita menyambut Nokia perangkat dan layanan bisnis untuk keluarga kami," ucap kepala eksekutif Microsoft Satya Nadella. "Kemampuan mobile dan aset yang mereka bawa akan memajukan transformasi."
Masih belum diketahui apakah Microsoft akan tetap mempertahankan brand Nokia dan Lumia pada ponsel yang diproduksi setelah proses akuisisi. Pihak Microsoft mengatakan bahwa  keputusan soal itu akan dibuat di kemudian hari.

Nokia sendiri akan melanjutkan hidup sebagai perusahaan yang berkonsentrasi di tiga area bisnis: insfrastruktur networking (NSN), layanan peta (HERE maps) serta Advanced Technologies (pengembangan dan lisensi teknologi).

Jadi pabrikan besar

The Verge mencatat bahwa Microsoft turut memboyong karyawan Nokia sebanyak 25.000 orang, lebih sedikit dari angka 32.000 yang dicanangkan sebelumnya.

Produsen Windows itu sekaligus menjelma jadi raksasa pabrikan ponsel (melalui unit bisnis Nokia yang dibeli) dengan angka pengkapalan tahunan mencapai lebih dari 250 jutahandset, terbanyak kedua setelah Samsung.

Dari jumlah tersebut, hanya 30 juta ponsel yang berbasis Windows Phone (Lumia) bikinan Microsoft. Sisanya merupakan feature phone seri Asha dan Android Nokia X. Microsoft kini harus memikirkan manajemen semua perangkat yang tidak menjalankan Windows Phone itu.

Di sisi lain, pembelian Microsoft atas Nokia membuat perusahaan tersebut berubah menjadi pabrikan hardware paling dominan di ranah bisnis handset Windows Phone, platform yang dibuatnya sendiri. 


ini prestasi nokia dalam pemasarannya.
Lini seri smartphone Lumia milik Nokia sejauh ini menguasai 90 persen pangsa pasarhandset Windows Phone. Microsoft pun ditempatkan dalam posisi yang canggung, di mana perusahaan tersebut tengah berusaha memperluas adopsi Windows Phone di kalangan produsen ponsel lain, namun kini juga sekaligus bersaing langsung dengan mereka.


kabar mengejutkan ini membuat shock penulis yang akan membeli Nokia 625 di Waktu dekat ini.
Sekian Artikel Berita Mengejutkan tentang Nokia Yang dibeli Microsoft, Semoga Bermanfaat