Ternyata Samsung Galaxy S5 Berbentuk Phablet


Tampaknya suksesor Samsung Galaxy S4, yakni Galaxy S5, bakal menjadi perangkat phablet karena memiliki ukuran layar lebih dari lima inci.

Istilah phablet atau phone tablet merujuk kepada perangkat smartphone yang memiliki ukuran lima inci ke atas.

Smartphone berlayar jumbo ini sepertinya bakal terus menjadi tren di 2014. Salah satu yang bakal mengadopsi layar besar ini adalah perangkat flagship buatan Samsung, yakni Galaxy S5.

Situs berita berbahasa Korea, DDaily, mengaku mendapatkan bocoran bahwa Galaxy S5 nantinya akan menggunakan layar AMOLED berukuran 5,25 inci. Layar ini bahkan telah diproduksi secara massal oleh Samsung.

Menariknya, layar ini memiliki ukuran resolusi 2K (2560 x 1440 piksel). Serupa dengan teknologi pada Galaxy S4 dan Galaxy Note 3, layar baru ini juga menggunakan pengaturan piksel model berlian.

Setiap piksel merah dan biru akan berbentuk berlian, sedangkan piksel hijau yang normal akan disisipkan di seluruh bagian yang ada. Dengan demikian, ketajaman gambar atau pixel density akan meningkat, yaitu mencapai 560ppi.

Keunggulan lainnya yang disematkan oleh Samsung ke dalam Galaxy S5 adalah kapasitas RAM sebesar 3GB, kamera utama 16 megapiksel, dan penggunaan Android 4.4 KitKat sebagai sistem operasinya.

Kabar menarik lainnya, Samsung akan menghadirkan smartphone unggulannya ini dengan kontruksi metal di bagian belakangnya.

Namun pihak Samsung belum mau membocorkan secara terbuka prosesor yang akan digunakan. Ada tiga kandidat prosesor yang kemungkinan bakal menjadi dapur pacu dari Galaxy S5, yaitu Snapdragon 800, Snapdragon 805, atau Exynos 64-bit.

Beberapa analis memrediksi Galaxy S5 ini bakal dihadirkan oleh Samsung dalam ajang CES 2014 di Las Vegas, AS, Januari nanti atau di gelaran MWC 2014 di Barcelona, Spanyol, pada Februari 2014. [mor]

www.ceaster.com Ceaster Corp