Sudah pasti, jika perusahaan didirikan diatas ‘tanah’ atau fondasi yang lemah maka akan mudah jatuh dan bila dibangun di atas fondasi yang kuat akan menjadikan bisnisnya perlahan-lahan semakin berkembang. Seorang wirausahawan harus berpikir strategis dalam mengelola bisnisnya agar bisa tumbuh dengan baik. Kewirausahaan (Entrepreneurship) berintikan pada kekuatan manajemen strategi selain kreatifitas dan yang lainnya. Banyak wirausahawan yang belum memahami kunci jatuh bangunnya sebuah bisnis khususnya di 3 tahun awal bisnisnya.
Konsep manajemen strategi apa yang harus diketahui dan dimengerti oleh seorang wirausahawan..? Berikut ini adalah kiat sukses dalam membangun sebuah bisnis yang fokus pada strategi dengan menggunakan teori 7S dari Mc. Kinsey, yaitu:
I. Elemen Perangkat Keras (Hardware)
- Strategi (Strategy)
Membangun sebuah bisnis harus diawali dari fondasinya yaitu berpikir strategis untuk meminimalisir resiko dan mengantisipasi resiko yang mungkin terjadi
- Struktur (Structure)
Bentuklah struktur organisasi yang tepat agar struktur bisnis yang dibentuk bisa sejalan dengan visi-misinya. Selain struktur organisasi ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh seorang wirausahawan dalam memulai bisnis adalah struktur biaya, struktur harga, struktur modal dan struktur gaji, dll
- Sistem (System)
Sistem dibuat setelah struktur organisasi dibuat. Jelas, bahwa sebuah sistem itu diibaratkan ‘pagar’ pada sebuah organisasi. Sistem adalah batasan-batasan bagi karyawan dalam bekerja dan yang akan diijinkan oleh perusahaan. Contohnya adalah sistem mutu, kebijakan mutu, prosedur kerja, instruksi kerja, tata tertib, peraturan peruahaan, dll
II. Elemen Perangkat Lunak (Software)
- Staf (Staff)
Setelah elemen perangkat keras (Hard Ware) dilakukan seperti struktur organisasi, maka perusahaan perlu dicari staf untuk mengisi bagian-bagian organisasi tersebut lalu diseleksi dan dilatih sehingga akan mendapatkan orang yang tepat dan cocok untuk mengisi struktur organisasi yang telah dibentuk
- Keterampilan (Skill)
Keterampilan merupakan faktor penting dalam menunjang produktivitas kerja yang berujung pada kinerja perusahaan
- Nilai Bersama (Share Value)
Kebersamaan, kepercayaan, kepentingan dan kenyamanan dalam bekerja menjadi faktor penting dari jatuh bangunnya sebuah bisnis karena akan berujung pada kepuasan konsumen dan kepuasan internal perusahaan, yaitu:- Kepuasan karyawan
Setelah memberikan kontribusi untuk perusahaan maka akan mendapatkan imbalan (Reward) untuk meningkatkan kesejahteraannya - Kepuasan pendukung internal perusahaan
Bagian-bagian yang mendukung keinerja perusahaan seperti pemasok, konsultan, Bank, dan sub bagian juga harus dipuaskan karena mereka juga yang membuat bisnis perusahaan berjalan dengan baik - Kepuasan pendukung pemasaran
Bila bisnisnya adalah bisnis distribusi maka kepuasan para penyalur juga harus diperhatikan
- Kepuasan karyawan
- Gaya (Style)
Gaya kepemimpinan dari seorang wirausahawan dan penanggungjawab yang ditunjuk olek pemilik untuk mengelola bisnisnya sangat penting. Hal ini karena setiap orang mempunyai gaya kepemimpinan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Oleh sebab itu, menentukan gaya kepemimpinan dalam sebuah organisasi peril dibahas dan digariskan dalam rencana bisnis atau dilakukan pelatihan tentang kepemimpinan yang efektif bagi seluruh staf dan direksi. (Sumber: Thomas J. Peter and Robert H. Waterman Jr. In Search of Excellence : Lesson From America’s Best Run Companies. 1992. Harper & Row Publisher)