Singapura dan Korea Selatan juga sadap Indonesia

Singapura dan Korea Selatan juga sadap Indonesia - Surat kabar the Sydney Morning Herald di Australia kemarin melaporkan Singapura dan Korea Selatan menjadi negara penghubung Badan Keamanan Amerika Serikat (NSA) untuk menyadap saluran telekomunikasi negara-negara di Asia termasuk Indonesia dan Malaysia.

Koran itu menyatakan mereka mendapat bocoran informasi itu dari pembocor rahasia sekaligus mantan karyawan kontrak NSA Edward Snowden, seperti dilansir situs themalayonline.com, Senin (25/11).

Amerika dan lima negara sekutu yakni Inggris, Australia, Kanada, dan Selandia Baru menggunakan kabel fiber optik yang terbentang di bawah laut di 20 lokasi di Samudera Pasifik.

Menurut laporan itu Amerika menjalin kerja sama dengan pemerintah dan sejumlah perusahaan telekomunikasi untuk menjalankan misi penyadapannya.

Dari paparan laporan dalam bentuk peta grafis NSA itu disebutkan kabel-kabel fiber optik bawah laut itu terhubung ke pusat penerima data di perairan barat Amerika, Hawaii, dan Guam, termasuk di Australia dan Jepang. Singapura menjadi negara pihak ketiga yang membantu Amerika dan lima negara sekutu itu. 

Pada Agustus lalu dilaporkan intelijen Australia bekerja sama dengan intelijen Singapura menjalankan komunikasi via kabel bawah laut dari Jepang ke Jerman sebelah utara melalui Singapura, Djibouti, Terusan Suez, dan Selat Gibraltar. Kabel komunikasi itu juga terbentang dari Singapura hingga sebelah selatan Prancis.

Intelijen Inggris juga mengakses informasi melalui jaringan kabel bawah laut di pangkalan militer mereka di Djibouti dan Oman untuk mendapat informasi dari Timur Tengah dan negara-negara Asia Tenggara.


Sumber : http://ilmu--komputerku.blogspot.com/2013/12/singapura-dan-korea-selatan-juga-sadap.html
blog.ceaster.com - www.ceaster.com Ceaster Corp